Pages

Subscribe:

hit conter

Pages

Sabtu, 22 Oktober 2011

[Review] Dead Rising 2: Off the Record

Xbox 360 / PlayStation 3 / PC : by : Andy Chan | 20/10/2011
Capcom kembali menghadirkan game Dead Rising, namun ternyata ini bukanlah game baru, melainkan sebuah re-imagining dari Dead Rising 2. Premisnya masih sama: Fortune City, 72 jam, ribuan zombiedan sebuah konspirasi untuk diungkap. Namun apa yang terjadi kalau Chuck Greene bukanlah karakter utama dari Dead Rising 2?

Sang fotografer pembasmi zombie telah kembali (sambil makan Pretzel)
I've covered wars, you know.Frank West telah kembali! Namun dia terlihat sedikit berbeda dari Frank West di Dead Rising pertama, karena kini dia terlihat lebih ... makmur. Meskipun Frank terlihat seperti itu, dia tetap Frank West, pahlawan Wilamette Mall yang tidak takut melawan lebih dari 72,000 zombie.
Bukan Frank West namanya kalau tidak membawa kamera kemana-mana. Kini dia juga telah mendapatkan trik-trik baru, bahkan dia bisa menciptakan senjata seperti yang dilakukan oleh Chuck. Pilihan pembuatan senjata di game ini tidak mengecewakan, karena ada banyak berbagai combo cardbaru yang tentunya akan memuaskan kita dalam membantai para zombie.

Chuck mengendara motor, sementara Frank bergulat dengan zombie
Jika kalian menganggap kalau Off the Record masih sama dengan Dead Rising 2, kalian akan menemui kejutan. Memang kalau dilihat dari jalan ceritanya, Frank seperti "dipaksakan" untuk menggantikan Chuck. Namun jalan ceritanya tidak 100% sama seperti yang dilakukan oleh Chuck, karena Frank adalah seorang fotografer, bukan pembalap motor.

Best Friends Forever!
Seperti Dead Rising pertama, kita akan menemui berbagai momen di cerita yang bisa difoto oleh Frank. Tergantung dari hasil foto tersebut, kita akan bisa mendapatkan sejumlah PP.  Kita bahkan bisa berfoto bareng zombie.
Salah satu hal yang sebenarnya cukup mengganggu di Dead Rising 2 adalah kebutuhan untuk memberikan Zombrex kepada anak perempuan Chuck. Frank tidak perlu memberikan Zombrex kepada Katey, namun berhubung dia sudah "infected", dia tetap perlu mencari Zombrex setiap hari. Yang pasti, Frank tidak perlu balik ke safehouse untuk menggunakan Zombrex, dia bisa menggunakannya di mana saja.

Ya, si kembar masih tetap ada
Welcome to Uranus Zone
Terdapat sedikit peningkatan pada kualitas grafis dibandingkan dengan Dead Rising 2, namun sebagian besar karakter masih menggunakan aset yang diambil dari Dead Rising 2, hanya ada sedikit aset-aset baru. Satu daerah yang benar-benar baru adalah Uranus Zone, sebuah taman bermain yang bertemakan luar angkasa.

Playground baru yang penuh zombie
Uranus Zone, seperti layaknya taman bermain, penuh dengan atraksi seperti yang ada di karnaval. Kita bisa bermain di berbagai macam shooting range yang disediakan, mulai dari menembak UFO sampai menembak aliens, serta berbagai atraksi berbahaya lainnya. Selain itu tersedia pula kendaraan baru untuk dinaiki oleh Frank.

Kendaraan yang agak "norak"
Beberapa lokasi survivors dan psikopath juga sudah dirubah oleh Capcom, sehingga kita bisa merasakan game yang sedikit lebih "baru". Tingkat kesulitan game pun lebih tinggi, terlihat dari paralooters yang jauh lebih agresif (dan bisa mencuri senjata yang kita pegang) daripada para looters diDead Rising 2.

Chuck dan .. uh ... Katey.
Kangen dengan Chuck? Jangan khawatir, kita bisa menemui Chuck di Off the Record. Jika kita bermainco-op dengan pemain lain, maka Frank akan ditemani oleh Chuck. Selain co-op, kita juga bisa menemui Chuck dalam cerita, meskipun dia terlihat sedikit "berbeda".
Ingin bermain kompetitif dengan pemain lain? Sayang sekali, karena Capcom menghilangkan modeTerror is Reality pada Off the Record. Sebagai pengganti, ada sebuah mode baru yang tersedia diDead Rising 2: Off the Record.
This is my vacation!
Sebuah mode yang sempat hilang di Dead Rising 2 adalah sandbox mode. Pada mode sandbox ini, Frank bisa dengan bebas menjelajahi seluruh Fortune City tanpa perlu pusing dengan time limit yang ada di cerita. Selain itu, hampir semua tempat di Fortune City juga sudah dibuka, sehingga kita tidak perlu seperti Dead Rising 2, menjalankan cerita sampai kita bisa meng-unlock shortcut ataupun pintumaintenance room dan underground access.

Bebas menjelajah Fortune City
Sandbox mode ini bisa diakses kapan saja, bahkan ketika kita sedang memainkan cerita sekalipun. Jadi kalau suatu saat kita terpentok pada suatu boss dan tidak ada cara lain untuk melewatinya, kita bisa melompat ke mode Sandbox dan mengumpulkan PP di sini. Tapi jangan anggap sandbox mode itu mudah. Seluruh survivor (termasuk para psikopath) kini adalah musuh yang akan menyerang Frank.

Challenge ada bermacam-macam, salah satunya memasang topeng servbot pada zombie
Mode sandbox ini juga memperkenalkan fitur baru: Challenge. Kita bisa meng-unlock Challenge dengan memenuhi kondisi yang diberikan oleh masing-masing Challenge, misalnya membunuh sejumlahzombie. Dengan menyelesaikan Challenge, kita akan bisa mendapatkan uang dan PP lebih banyak untuk digunakan di Story Mode. 
Editor's Tilt - 9,0
Seperti inilah Dead Rising 2 seharusnya dibuat! Capcom lagi-lagi mengeluarkan game "baru" untuk dibeli oleh para fans, padahal pada intinya, ini masih game yang sama dengan fitur-fitur tambahan yang menggiurkan, apalagi banyak orang yang sempat kecewa dengan hilangnya Infinity Mode di Dead Rising 2. Capcom memang tahu bagaimana cara memeras uang dari para fans!

Costume baru dari Uranus Zone
Sayangnya, Off the Record masih memiliki loading time yang lama serta berbagai glitches yang ada diDead Rising 2, di mana kita bisa tersangkut di suatu tempat, malah ada beberapa glitches baru. Namun secara garis besar, Off the Record adalah improvement yang patut dicoba. (ZBT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar